Pesona Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung

06.50

Hey Travelers, balik lagi bersama kami TravelAround-Indonesia. Kali ini kami mau share salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera, yaitu Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.




Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.



Daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi tidak cuma pada kecantikan pantainya saja, tetapi pada hamparan batu-batu granit. Ukuran batu bermacam-macam. Jika Travelers menyukai fotografi, Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang tepat. Apalagi di saat sunset, hasil foto Travelers akan semakin bagus (jika Travelers mampir ke pantai ini, jangan lupa tag kami di instagram).

Batuan Granit

Pantai Tanjung Tinggi saat Sunset

Di pantai ini, Travelers bisa melakukan banyak aktivitas olahraga air di Pantai Tanjung Tinggi. Aktivitasnya seperti berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski serta menjelajah dengan kano atau perahu karet. Jika Travelers melakukan penyelaman, Travelers akan menjumpai berbagai jenis, bentuk dan warna spesies laut yang menghuni pantai ini beserta “rumah-rumahnya” yang terbuat dari terumbu karang.


Semakin kearah tengah dan perairan lebih dalam, kita baru menjumpai karang massif kemudian baru diikuti oleh jenis terumbu karang lainnya. Ketika melihat karang di kawasan pantai ini, kita akan langsung mengerti bahwa sebenarnya terumbu karang di pantai ini kondisinya tidak sehat. Hal ini karena karang tersebut terbuka atau kering saat air laut surut rendah. Ini dapat dilihat pada lapisan karang bagian paling dekat dengan permukaan tampak mati dan kemudian tertutup oleh makroalga dan mikroalga. Kecuali pada bagian yang lebih dalam, kondisi karangnya lebih baik dan beragam. Namun, lapisan terumbu karang dipantai ini tidak panjang dan luas sehingga karang yang terlihat hanya sedikit.

Keistimewaan dari pantai ini tidak hanya pada batu-batu granit, pesona sunsetnya dan terumbu karangnya, tapi ternyata pantai ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Bukti sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi

Akses untuk ke pantai ini tidak susah. Disarankan bagi Travelers yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi, sebaiknya Travelers menggunakan mobil pribadi atau agen tur. Mengingat transportasi umum untuk menuju pantai ini sangat sulit.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi relatif lengkap. Terdapat warung makan, toilet umum, serta sarana dan prasarana seperti persewaan jetski dan kano. Untuk Anda yang ingin bermalam di sekitar pantai ada beberapa penginapan mulai dari homestay hingga hotel berbintang.

Salah satu hotel yang ada di Pantai Tanjung Tinggi


Jadi tunggu apalagi Travelers? Kenapa tidak mencoba untuk mengunjungi pantai ini?

You Might Also Like

2 komentar

  1. Apakah utk masuk ke lokasi ini harus membayar?

    BalasHapus
  2. Hai. Untuk masuk ke Pantai Tanjung Tinggi tidak dikenakan biaya :)

    BalasHapus

Popular Posts