Kuburan Para Arwah Toraja

08.21

LEMO

Jumpa lagi Explorers, pada hari ini kita bakal nge-share mengenai LEMO, salah satu tempat wisata yang patut kalian kunjungi bila berkunjung ke Tana Toraja.

Pekuburan di tebing batu khas Toraja

Lemo ini merupakan tempat yang sering disebut sebagai rumah para arwah. Lemo ini juga merupakan pekuburan yang melekat di dinding tebing bukit tinggi dan di pahat dengan sabar selama berbulan-bulan.

Lemo ini terletak di Kabupaten Tana Toraja. Di sinilah Kalian dapat merasakan lansung aura kematian dibingkai adat budaya berharmoni dengan alam. Lemo diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 dan menjadi makam kepala Suku Toraja. Untuk mencapai Lemo jarak perkiraannya 11 km di Selatan Rantepao dan 7 km di Utara Makale. Dari pusat Kota Rantepao dapat ditempuh sekira 15 menit dengan akses jalan desa berupa aspal berbatu hingga berhenti di ujung jalan. Tersedia lahan parkir yang cukup untuk 5 mobil di depan toko penjual cenderamata.




Memasuki pemakaman Lemo ini Kalian dapat melihat mayat yang disimpan di udara terbuka, di tempat bebatuan yang curam. Kompleks pemakaman ini merupakan perpaduan antara kematian,seni,dan ritual. Pada waktu-waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat akan diganti dengan melalui upaca Ma Nene.



Patung Tao - Tao

Keberadaan Lemo telah menjadi daya tarik di Toraja. Tempat ini merupakan tempat yang wajib kalian kunjungi. Saat Anda selesai menyusuri lemo maka akan berjalan melalui pematang sawah serta melihat buah pangi yang ranum kecoklatan. Buah pangi biasa menjadi olahan makanan khas suku Toraja yang disebut pantollo pamarrasan.

Lemo ini juga berarti jeruk lho! itu dimaksudkan pada gua batu terbesarnya yang berbentuk bundar yang seperti buah jeruk, lubang-lubang kuburannya seakan membentuk pori-pori buah jeruk. Kata-kata dari orang masyarakat setempat, kuburan tertua di tempat ini adalah seorang tetua adat bernama Songgi Patalo.

Setelah keluar dari LEMO ini, kalian akan menjumpai Pallawa. Pallawa ini merupakan salah satu rumah adat yang sangat menarik lho! Sekian post kali ini semoga bermanfaat bagi kalian para sobat explorers.


You Might Also Like

2 komentar

Popular Posts