Jumpai Mayat dalam Gua di Toraja

05.56

LONDA

Hai sobat explorers! Kali ini, mari kita bahas salah satu objek terkenal di Toraja, yaitu LONDA. Hmm.. mungkin kalian sekarang bertanya di mana kah Londa itu? Apa yang bisa kita lakukan di sana?

Gerbang masuk Londa

Jadi Londa itu adalah objek wisata goa di Toraja yang berupa pemakaman kubur batu. Makam ini berfungsi untuk menghormati para leluhur. Toraja mempunyai tradisi yang unik dalam memakamkan kerabatnya. 

Objek wisata Londa berada di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi. Lokasinya kurang lebih 7 kilometer dari selatan Kota Rantepao. Jika explorers ingin ke Londa, kalian dapat meggunakan kendaraan umum seperti bemo, ojek, atau kalian dapat menyewa kendaraan. Londa memiliki banyak anak tangga. Pastikan anda menyewa lentera petromak (kurang lebih seharga Rp 25.000,-). Lentera ini berfungsi sebagai penerang ketika kalian berada di dalam goa.


     

            Memasuki Londa kalian akan menjumpai berbagai peti jenazah khusus bagi marga keturunan Tau-Tau. Di setiap sudut goa pengunjung akan menjumpai berbagai peti jenazah yang memang sengaja diletakkan secara bertumpuk-tumpuk. Di sekitar peti mati sering ditemukan botol minuman, rokok, sirih, atau bahkan pakaian. Hal ini menunjukkan bahwa jenazah yang disimpan dianggap sebagai To Makula, diperlakukan layaknya masih hidup.




Keluar dari Londa pengunjung bisa melewati jalan setapak, lalu melewati beberapa anak tangga untuk bisa sampai di sebuah puri di tengah bukit. Dari atas puri tersebut terlihat pemandangan kubur batu, di atas bukit-bukit tersebut terdapat rongga tempat dimana jenazah disimpan. Penyimpanan di bukit-bukit tersebut dilakukan karena di dalam goa sudah penuh dengan peti jenazah.

Setelah keluar dari Londa, kalian akan menjumpai Lemo. Apakah Lemo itu? Mari kita bahas nanti! Sekian untuk post kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

4 komentar

Popular Posts