7 Makanan Khas Indonesia yang Go Internasional

00.14

Jika travelers lahir dan besar di Indonesia sudah pasti kenal baik dengan makanan – makanan khas Indonesia. Yup, Indonesia memang terkenal dengan beragam kekayaan kuliner nusantaranya dengan aneka cita rasa yang mampu menggoyang lidah kita. Ternyata bukan hanya orang Indonesia saja yang ketagihan dengan kelezatan makanan khas Indonesia. Bahkan, turis mancanegara pun tertarik dengan makanan – makanan yang sering kita santap sehari – hari ini.Banyak beberapa makanan Indonesia yang terkenal di berbagai belahan dunia, karena dianggap sangat lezat. Apa saja sih makanan khas Indonesia yang mampu menarik hati negara – negara lain? Kita cek satu per satu yuk..

Bakso

Hasil gambar untuk baksoGumpalan daging sapi berbentuk bulat dengan campuran kuah yang gurih beserta mie atau bihun ini memang memiliki rasa yang menggiurkan. Terutama saat disajikan selagi masih hangat di waktu hujan. Wah.. Rasa dingin jadi tidak terasa lagi. Mungkin itu salah satu hal yang membuat bakso bisa dikenal di dunia. Bahkan, makanan khas kota Malang ini  menjadi salah satu makanan favorit Presiden Obama lho!

Nasi Goreng

Hasil gambar untuk nasi gorengDi masing – masing negara memang memiliki kreasi nasi goreng tersendiri. Tapi, tahu kah Toppers kalau nasi goreng awalnya berasal dari Indonesia? Yup, makanan yang sudah merakyat ini, selain harganya yang murah, kita juga bisa mudah menemukannya, baik di restoran atau di pinggir jalan. Bahkan, travelers bisa membuat sendiri nasi goreng sesuai dengan selera kamu. Jangan lupa sajikan dengan bawang goreng dan acar untuk menambah kenikmatannya.

Soto

Hasil gambar untuk sotoMakanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah soto.. Siapa sih yang gak tergiur dengan gurih dan lezatnya si soto ini. Mulai dari soto ayam, soto sapi, soto babat dan banyak jenis soto lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khasnya masing – masing yang mampu menggoda iman kita untuk melahap habis sampai kuah- kuahnya. Bahkan, soto pernah disiarkan secara langsung oleh televisi Telemadrid dalam program Buenos das Madrid. Maka dari itu, tidak heran bila soto menjadi salah satu makanan asal Indonesia yang go internasional.

Sate

Hasil gambar untuk sateSelanjutnya, adalah sate yang juga sudah terkenal mendunia. Makanan yang umumnya terbuat dari daging sapi, ayam, atau kambing lalu ditusuk dengan batang sate dari bambu, kemudian dibakar ini memang nikmat apalagi dengan dicampur bumbu kacang manis, serta taburan bawang gorengnya. Bisa bikin tergoda saat membayangkannya. Beberapa orang Indonesia yang tinggal di luar negeri menjual sate khas Indonesia ini, dan ternyata banyak diminati lho!

Gado – Gado

Hasil gambar untuk gado gadoKalau di luar negeri ada salad, di Indonesia kita punya salad tradisional yaitu gado – gado. Gak berbeda jauh dengan salad di luar negeri. Gado – gado juga terdiri dari aneka sayuran yang sudah direbus seperti kacang panjang, jagung, wortel, beserta tahu, tempe, lontong, telur dan yang gak boleh ketinggalan campuran bumbu kacangnya. Perlu diketahui nih kalau makanan khas Indonesia yang sehat ini pernah menjuarai festival makanan internasional.

Gudeg

Hasil gambar untuk gudegMakanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah ini juga masuk sebagai makanan Indonesia yang sudah dikenal di dunia. Cara penyajian khas budaya Indonesia dengan disajikan di atas piring dari tanah liat, lalu dialasi daun pisang ini memang menarik perhatian, khususnya para turis mancanegara saat berkunjung ke Yogyakarta. Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan, lalu dinikmati dengan nasi, daging serta telur.

Rendang

Hasil gambar untuk rendangDengan rasa lezat dan pedas, rendang mampu mencuri hati para turis asing yang mencicipinya. Makanan asal Minangkabau ini berbahan dasar daging sapi yang diracik dengan bumbu dari rempah – rempah asli Indonesia. Jangan heran Travelers kalau rendang sebagai makanan khas Indonesia ini mampu menduduki peringkat 11 dari 50 sebagai makanan terenak di dunia.

Dengan 7 makanan yang sudah mendunia tersebut tentunya sebagai orang asli Indonesia, kita harus berbangga hati dong Toppers karena ternyata makanan yang sudah biasa menjadi santapan sehari – hari kita ini bisa disukai terkenal sampai ke luar negeri. Dari makanan di atas mana nih yang menjadi favorit kamu?

You Might Also Like

16 komentar

  1. Laper guee.... Menurut bapak gue plg enak tuh sotox toraja tp.. Menurut sy satenya i2 loh muantappp abis dehh broo....

    BalasHapus
  2. Laper guee.... Menurut bapak gue plg enak tuh sotox toraja tp.. Menurut sy satenya i2 loh muantappp abis dehh broo....

    BalasHapus
  3. Saya sukanya bakso karena makanan itu paling enak dimakan apalagi kalao hujan atau dingin

    BalasHapus
  4. saya suka indomie.Mana indomie ?

    BalasHapus
  5. Bukannya indomie harusnya ada? Indomie kan khas Indonesia ;)

    BalasHapus
  6. Tidak ada pete ka , aduh makanan kesukaan itu

    BalasHapus
  7. woy sambal kacang dan kaldu soto toraja enak kali nih liat
    https://makanyok.com/2019/10/30/paduan-sambal-kacang-dan-kaldu-soto-sokaraja-khas-banyumas/

    BalasHapus

Popular Posts